Kamis, 10 Februari 2011

Data Perkembangan Islam Di Asia


1.   
India adalah salah satu negara di kawasan Asia Selatan yang beribu kota di New Delhi. Jumlah penduduk di India cukup banyak. Mata pencaharian penduduk beraneka ragam.
          Awal masuk dan berkembangnya  Islam di India terjadi pada tahun 1290, yaitu pada masa dinasti Khiji pada masa dinasti Mughal pada tahun 1858. penduduk India yang mayoritas beragama Hindu selalu menindas agama Islam.
          Adapun sekolah dan akademi Islam sebagai peninggalan dari kerajaan Islam di India antara lain Darul Islam, Nadwal Ulama, Universitas Usmaniyah, dan Akademi Dariatul Ma’arif. Pemerintahan Islam di India berakhir pada tahun 1858, karena mendapat serangan dari Inggris.
                                                                              

2.    Pakistan
Pakistan terletak di Asia bagian Selatan. Jumlah penduduknya kurang lebih 162.419.946 jiwa yaitu pada tahun 2005. Mata pencaharian penduduk mayoritas menggembala dan beternak.
Agama Islam sudah masuk sejak pemerintahan masih di pegang khalifah Walid bin Abdul Malik. Perkembangan Islam di Pakistan cukup baik karena umat Islam di Pakistan gemar berdakwah Islam dan juga lahirnya banyak organisasi Islam.

3.    Afganistan
Afganistan merupakan suatu negara yang berada di Asia tengah. Jumlah penduduknya pada tahun 2003 kurang lebih 9.309.992 jiwa pada tahun 2003. Mata pencaharian utamanya adalah menggembala.
Islam masuk ke Afganistan sejak masa Khalifah Utsman bin Affan. Orang Afghanistan sangat giat dalam menyebarkan agama Islam, sehingga agama Islam cukup berkembang pesat di Afganistan.

4.    RRC
RRC adalah negara dengan wilayah yang sangat luas dan penduduknya sangat banyak. Jumlah penduduknya adalah 1.289.996.896 jiwa. Mata pencaharian utama berdagang. Mayoritas penduduk RRC beragama Kristen.
Islam masuk di RRC pada 30H atau 65M, yaitu pada pemerintahan kaisar Yong Hui. Islam berkembang pesat di Cina melalui jalur perdagangan dan melakukan perkawinan dengan penduduk local.

5.    Singapura
SIngapura merupakan bagian dari kerajaan Malaya. Jumlah penduduk sedikit. Singapura adalah negara kecil. Perkembangan Islam di Singapura ditandai dengan berdirinya organisasi Islam yang diberi nama MERDEKA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar